SMA Negeri 3 Banda Aceh menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat pelajar SMP dan SMA sederajat selama tiga hari, Kamis (31/3) dan berakhir Sabtu (2/4) di komplek sekolah tersebut. Even keagamaan yang dikemas dalam Smantig Tilawatil Quran (STIQ) ke-5 tersebut dibuka oleh Wali Kota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal.

Kepala SMAN 3 Banda Aceh, Drs Anwar Sanusi, Kamis (31/3) mengatakan, STIQ V tahun 2016 diiukti 10 SMA di Kota Banda Aceh dan tiga SMA di Kabupaten Aceh Besar, 12 SMP di Banda Aceh dan satu SMP di Aceh Besar. Sedangkan cabang yang diperlombakan antara lain, untuk tingkat SMP yakni tilawah, Cerdas-cermat Agama Islam, Syarhil quran, Olimpiade Agama Islam, dan Tahfidz Quran. Sementara cabang lomba tingkat SMA masing-masing Tilawah, Tahfidz Quran, Syarhil Quran dan Cerdas-cermat Agama Islam. “Sebanyak 26 sekolah mengikuti STIQ V tahun ini. Jumlah peserta jauh lebih banyak dari tahun lalu,” ujar Anwar Sanusi yang didampingi Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Amran SAg.

Anwar Sanusi mengatakan, tujuan digelar STIQ V untuk menambah pengetahuan Agama Islam serta membentuk karakter dan moral peserta didik. Tahun depan, katanya, jumlah cabang lomba akan ditambah dengan lomba-lomba keagamaan lainnya.

Selain itu, katanya, bagi pelajar SMP atau MTs yang menguasai hafalan lima juz Alquran, akan diterima tanpa testing di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Kebijakan itu sudah dijalankan sejak tahun lalu.

Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal menyambut baik even STIQ di sekolah favorit itu. Sebagai seorang alumni SMAN 3 Banda Aceh, ia mendukung gagasan penguatan pendidikan keagamaan di sekolah tersebut termasuk rencana menggelar lomba membaca kitab kuning dan penerimaan tanpa tes bagi hafidz Alquran lima juz.(min)


Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul SMAN 3 Banda Aceh Selenggarakan MTQ, https://aceh.tribunnews.com/2016/04/02/sman-3-banda-aceh-selenggarakan-mtq.

Editor: hasyim