Sebanyak 356 Siswa Baru SMAN 3 Banda Aceh Ikuti MPLS dan Matrikulasi



BANDA ACEH – Menyambut Siswa baru, SMA Negeri 3 Banda Aceh (SMANTIG) menggelar matrikulasi dan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS). Kegiatan ini digandeng dengan asesmen serta karakter peserta didik.

Matrikulasi dan MPLS yang mengusung tema ‘Smantig Hebat, Bermutu dan Berakhlak Mulia” itu digelar mulai dari 15-21 Juli 2023.

Kegiatan itu dilaksanakan di dua tempat yaitu di Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, Gampong Lam Lagang, Banda Raya, dan di SMA Negeri 3 Banda Aceh. 

Matrikulasi diikuti oleh 356 siswa yang terdiri 168 laki-laki dan 184 perempuan. Selama kegiatan, pelajar baru Smantig dibekali berbagai materi di antaranya tausiah agama, pengenalan Kurikulum Merdeka, budaya belajar di Smantig, tata tertib sekolah, budaya hidup bermartabat hingga anti korupsi dan lain sebagainya.

Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Banda Aceh, Muhibbul Khibri, S.Pd.,MPd, menjelaskan, kegiatan MPLS dan matrikulasi adalah salah satu praktik menuju Smantig Hebat dan Berkarakter.

Dijelaskan, kegiatan ini dikemas dalam bentuk kreasi dan inovasi peserta didik dalam pengembangan peserta didik ke arah pemikiran dan pemahaman konsep awal dalam pembelajaran. 

“Kami terus menanamkan konsep karakter dan budaya belajar untuk pemetaan bakat dan minat siswa. Materi penguatan dan pemanfaatan dalam kegiatan ini merupakan rujukan dari penguatan profil pelajar Pancasila. Peserta didik juga diberikan pemahaman awal dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN 3 Banda Aceh,” ujar Muhibbul Khibri. 

Ketua Pelaksana Cut Intan Dewi, S.Pd.,MPd, didampingi Sekretaris Muksalmina, S.Pd.,GR, menambahkan, tujuan lain dari kegiatan ini adalah membentuk kepribadian dan karakter Peserta didik, menggali kompetensi dari peserta didik, mempererat keakraban sesama peserta didik. 

“Termasuk memperkenalkan budaya sekolah untuk dilaksanakan oleh seluruh warga Smantig,” pungkasnya.(*) Sumber: Serambi Indonesia



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.